Iklan Head

Friday, December 15, 2017

Lebih Murah Visa / MasterCard / JCB ?

Sesuai dengan judulnya, dan mungkin inilah yang dinanti-nantikan banyak pengguna kartu kredit, terutama yang urusannya dengan pembelanjaan luar negeri maupun online shopping.

Banyak dari antara anda yang selalu bingung membayar pakai apakah nanti di luar negeri? bayar pakai apa kalau pakai kurs mata uang asing? Pasti, pasti dan pasti. Kebingungan itu akan sirna setelah di depan kasir, atau ketika checkout, karena apa boleh buat, bayar ya bayar.

Bagaimana efek-efek dari penerbit kartu terhadap kurs mata uang asing dan ujung-ujungnya berdampak di tagihan kartu kredit anda?

Ingat, ini adalah pembahasan JENIS KARTU, bukan BANK PENERBIT KARTU.


Salah satu kesulitan dalam melakukan percobaan ini adalah bahwa tidak ada sebuah bank, yang memiliki semua jenis penerbit kartu. Misalnya saja BNI, yang akan kita gunakan sebagai bahan percobaan untuk mengetahui kurs mata uang China Yuan. BNI tidak memiliki kartu jenis UNION PAY, meskipun telah lengkap memiliki Visa regular sampai Visa Inifinite, Mastercard regular sampai Mastercard World, dan juga JCB. No perfect Bank Indeed, makanya Bank itu banyak macamnya kan?

Mari kita cari tahu siapa yang lebih murah, Visa atau MasterCard atau JCB terhadap mata uang CNY. Untuk mempertajam akurasi kurs, semua transaksi dibuat dalam 1 merchant yang sama, 1 hari yang sama, dan dalam waktu berdekatan.


Dari hasil transaksi di atas, dapat disimpulkan:

  1. Visa Platinum dan Visa Signature memiliki kurs yang boleh dibilang sama untuk CNY
  2. MasterCard dan Visa terbitan BNI (bukan BNI Syarah/Hasanah) memiliki kurs yang hampir sama
  3. Kurs antara kartu BNI dan BNI Syarah adalah BERBEDA 
  4. Kurs JCB untuk CNY lebih murah baik dari Visa maupun MasterCard
  5. Kartu BNI termurah dari hasil experiment di atas ternyata adalah BNI Hasanah, produk dari BNI Syariah, dengan selisih Rp. 20 atau sekitar 1.05% lebih murah daripada kartu BNI lainnya
Jadi, dengan data-data di atas, pengetahuan baru apa yang dapat dipetik?
  1. Tiap bank memiliki kurs yang berbeda (meskipun bank yang sama, namun konvensional dan syariah memiliki kurs tersendiri)
  2. Untuk mengetahui kurs termurah antara jenis kartu VISA/MASTERCARD/JCB/UNIONPAY, haruslah menggunakan bank yang sama, mengingat poin 1 di atas
  3. kartu jenis Silver, Gold, Titanium, Platinum, memiliki kurs yang hampir mirip. Deviasi terbesar sekitar 0.05% dari data di atas, hampir tidak signifikan
  4. Penggunaan kartu yang optimal (baca : murah) tergantung dari BANK dan JENIS KARTU, tidak hanya melulu Bank penerbit kartu saja
  5. Parameter angka yang tercetak di tagihan cukup banyak, yaitu BANK PENERBIT, JENIS KARTU, MATA UANG, MESIN EDC, TANGGAL TRANSAKSI. 
Sekarang, anda telah mengetahui sesuatu yang tidak banyak orang tahu. 
Selamat berbelanja

No comments:

Post a Comment