Iklan Head

Friday, December 15, 2017

Union Pay Murah atau Mahal Di China Negaranya Sendiri?

Kartu kredit murah di China? Mungkin itu yang ada di benak anda ketika melihat logo Union Pay. Apa iya?

Posting kali ini cukup menarik, karena kali ini kita akan bahas kurs CHINA YUAN dari kartu kredit ICBC. Kenapa menarik? Karena, kita akan cari tahu, apakah Union Pay akan benar-benar murah kalau dipakai di negaranya sendiri? Satu hal yang pasti, kartu JCB adalah kartu dengan kurs Yen Jepang termurah untuk dipakai di Jepang. Bagaimana dengan ICBC Union Pay dimana BANK dan JENIS kartunya adalah product negeri Panda ini?



Pertama, kita akan uji terlebih dahulu, apakah dalam WAKTU yang berdekatan, MERCHANT yang sama, KARTU yang sama, EDC yang sama, apabila ditransaksikan, terjadi perbedaan kurs? Kali ini kita pastinya menggunakan kartu ICBC UNION PAY dan ICBC VISA terbitan ICBC INDONESIA.



Ternyata, setelah dilakukan 7 transaksi di McDonald's, tidak ada perubahan kurs UNION PAY. Bahkan  ketika berganti merchant ke Lotte Mart, kurs nya pun tetap sama, yaitu 1,998.16.

Setelah ini kita akan tahu, apakah Union Pay benar-benar murah untuk digunakan di China?


Perhatikan cell yang berwarna kuning. Ternyata cukup mengejutkan. ICBC Visa menunjukkan kurs yang lebih murah sekitar 0.4% daripada ICBC Union Pay. Kenapa? Tidak ada yang tahu. Akan tetapi, mengapa menggunakan Union Pay di China? Karena, di China, Union Pay card adalah kartu yang paling banyak diterima. Mulai di toko-toko kecil di desa, sampai di pusat perbelanjaan, semua kartu berlogo Union Pay diterima. Akan tetapi tidak berlaku sama bagi Visa, JCB maupun MasterCard. Hanya beberapa gelintir merchant yang dapat menerima kartu Visa/JCB/MasterCard. Bahkan di McDonald's, hanya menerima pembayaran dengan menggunakan Union Pay, Ali Pay, We Chat Pay dan Apple Pay. Hello? Kemana Visa / MasterCard / JCB? Welcome to China

1 comment:

  1. Mas mau tanya, untuk kartu Union Pay ICBC Indonesia apakah bisa digunakan untuk verifikasi Alipay?

    ReplyDelete