Mungkin begini ciri-ciri alternator rusak yang dapat saya bagikan atau rasakan adalah
- Lampu dashboard meredup. Ini hal yang paling gampang dilihat
- Klakson tidak berbunyi sebagaimana mestinya (melemah)
- Ritme lampu menjadi semakin lambat (misal lampu riting / turning lamp signal, lampu hazard)
- Lampu besar menyala tapi redup, bisa jadi kadang terang, kadang redup
- Extra fan berputar pelan
- Suhu mesin menjadi lebih panas daripada biasanya (Bisa dideteksi kalau indikator suhu mobil anda menggunakan jarum)
- Aki selalu tekor terus, meskipun baru
- Rem bisa terasa keras, ataupun bisa terasa blong. Aneh tapi benar, ini yang dirasakan.
- Fanbelt alternator menipis. Bahkan secara kasat mata, bisa banyak debu karet (akibat kikisan fanbelt) bertebaran di sekitar dinamo ampere
- Apabila sistem power steering mobil anda EPS (Electronic Power Steering), maka dapat dipastikan EPS tidak berfungsi normal.
Apabila anda mengalami gejala dua atau lebih seperti contoh di atas, segera konsultasikan ke bengkel, karena kelistrikan adalah sumber kehidupan utama mobil anda.
No comments:
Post a Comment